Minggu, 13 Juni 2010

Hipertensi

Klasifikasi Tekanan darah pada orang dewasa menurut JNC didasarkan pada rata-rata dua atau lebih pengukuran tekanan darah dan dari dua atau lebih tanda klinis yang ditemukan (Tabel 13-3).
Beberapa penderita hipertensi mempunyai penyebab yang spesifik dari hipertensi yang dideritanya. Jika penyebab hipertensi dapat diketahui, maka hipertensi tersebut dapat di sembuhkan.

Goal terapi dari hipertensi adalah untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas terkait hipertensi yang mengarah pada kerusakan organ.Perawatan pasien hipertensi secara umum didasarkan pada klasifikasi hipertensi yang dialami penderita. Setelah mengetahui klasifikasi penderita, penderita diharuskan mengubah gaya hidup dan menjalani terapi obat secara bersamaan.
Perubahan pola hidup saja dimungkinkan cukup untuk penderita pre-hipertensi. Namun pada penderita hipertensi atau penderita dengan goal BPnya kurang dari 130/80mmHg (dengan diabetes & Gagal Ginjal Kronik), perubahan pola hidup harus bersamaan dengan terapi obat.

Untuk hipertensi dengan LDL>>>, Trigliserida>>> dan HDL<<< biasa digunakan Diuretik Thiazid dan B-Blockers tanpa aktivitas simpatomimetik intrinsik, tetapi terapi ini umumnya bersifat sementara dan tidak ada konsekuensi klinisnya.

Alpha-Blockers, disisi lain telah menunjukkan efek yang menguntungkan (mengurangi LDL dan menaikkan HDL).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar